Menikmati Karya Seni Di Jakarta Selatan, Di Mana Tempatnya?

Melihat tingginya aktifitas bisnis dan ekonomi masyarakat di Jakarta dengan segala permasalahannya, masih adakah ruang bagi Anda yang memiliki hobi di bidang seni untuk menikmati berbagai karya seni?Banyak galeri seni dan tempat pameran maupun pertunjukan seni yang ada di Jakarta yang sangat layak dan menarik untuk dikunjungi.Bahkan beberapa galeri seni rutin mengadakan pameran yang sudah terjadwal.Jadi bagi Anda para penikmat karya seni tak perlu khawatir, hobi Anda bisa tersalurkan dengan mendatangi tempat pertunjukan dan pameran seni sesuai keinginan.Ada galeri seni dan tempat pameran yang berkaitan dengan karya seni rupa seperti lukisan, patung, fotografi, instalasi seni moderen, dan lain-lain.Ada juga gedung pertunjukan yang menampilkan karya seni musik, seni tari, teater, sinematografi, dan sebagainya.Di beberapa tempat juga sering diadakan event diskusi seni terbuka yang melibatkan para pekerja seni dan penikmat seni.

Beberapa daftar galeri seni, tempat pameran karya seni, dan gedung pertunjukan seni di Jakarta akankami sajikan untuk Anda. Pastinya Anda bisa memilih yang sesuai dengan minat seni dan waktu luang yang Anda punyai, serta lokasi yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor Anda. Yang pertama adalah Galeri Nasional yang lokasinya berada tepat di seberang stasiun kereta api Gambir, Jakarta Pusat.  Di tempat ini bisa Anda temukan berbagai karya seni rupa seperti lukisan, patung, fotografi, keramik, sketsa, grafis, seni kriya, dan seni instalasi.Nuansa seni yang beraliran klasik dan moderen bisa Anda nikmati dari karya-karya seni tersebut.Selain itu Anda juga bisa bergabung dalam event yang sering diadakan oleh pengelola, seperti lomba dan seminar tentang seni.Berikutnya ada Museum Macan yang merupakan kependekan dari The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.Kaya seni yang menjadi fokus di tempat ini adalah karya seni modern dan kontemporer Indonesia dan mancanegara.Selanjutnya ada Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) di Pasar Baru, Jakarta Pusat sebagai tempat pertunjukan seni; Gedung Miss Tjitjih yang juga untuk pertunjukan seni berlokasi di Cempaka Putih, Jakarta Pusat; dan gedung pertunjukan seni tradisional, yakni Gedung Wayang Orang Bharata di daerah Senen, Jakarta Pusat. Adapun pusat seni di Jakarta yang sering menjadi tujuan wisata masyarakat yang berasal dari daerah lain di Indonesia, yakin Taman Ismail Marzuki (TIM). Tentu Anda tak asing dengan nama ini karena diambil dari nama seorang komponis besar yang menciptakan lagu-lagu perjuangan Indonesia, Ismail Marzuki. Di tempat ini terdapat gedung Teater Besar yang mampu menampung lebih dari 1000 penonton untuk menggelar pertunjukan seni yang besar; lalu ada gedung Teater Kecil untuk menggelar acara pembacaan puisi, musik, dan teater yang tidak memerlukan ruangan besar; kemudian ada Graha Bhakti Budaya untuk pentas musik tradisional dan moderen, pentas tari, dan pemutaran film; Terdapat pula tempat pameran seni rupa dan seni instalasi seperti lukisan, yakni Galeri Cipta II dan Galeri Cipta III.

Ada beberapa tempat pertunjukan seni dan galeri seni di Jakarta yang konsepnya menyatu dengan cafe, di antaranya: Dia.Lo.Gue. Sebuah kafe yang sekaligus menyediakan public artspace untuk para penikmat seni, berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.Anda bisa menikmati karya seni di tempat ini sambil mencoba kuliner yang ditawarkan; Berikutnya adalah Salihara, berlokasi di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Terdiri atas Teater Salihara, Galeri Salihara, Kafe, Art Store, dan Lounge, di mana Anda bisa menyaksikanpertunjukan seni teater dan juga berbagai karya seni rupa terbaru.Selain menikmati karya seni, Anda juga bisa menikmati aneka menu makanan di food court-nya dengan pemandangan terbuka.

Masih ada beberapa galeri seni yang bisa Anda kunjungi, di antaranya yang cukup populer di daerah Kemang, Jakarta Selatan, yakni Edwin’s Gallery yang sudah cukup lama berdiri dan masih terus aktif mengadakan pameran, khususnya seni rupa seperti pameran lukisan, patung, dan fotografi; Berikutnya adaBentara Budaya di daerah Palmerah, Jakarta Pusat, tempat pertunjukan seni teater, seni tari, dan seni musik sering digelar; Kemudian ada sebuah galeri yang berisi ragam budaya nusantara, yakni Galeri Indonesia Kaya (GIK) berada di Grand Indonesia Shopping Town. Di sini Anda bisa menyaksikan berbagai pertunjukan seni musik, seni peran, dan kunjungan budaya; dan yang terakhir adalah Usmar Ismail Hall berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan.Tempat ini merupakan gedung pertunjukan berbagai seni seperti pembacaan karya sastra, opera, paduan suara, musik, dan teater, di samping fungsi utamanya sebagai tempat pemutaran film.

Di atas tadi adalah referensi tempat menikmati karya seni di seluruh wilayah Jakarta secara umum. Bagi Anda yang tinggal atau berkantor di daerah Jakarta Selatan, galeri seni atau gedung pertunjukan seni yang bisa Anda pilih di antaranya: Usmar Ismail Hall, Edwin’s Gallery, Komunitas Salihara, dan Kafe Dia.Lo.Gue. Bisa juga Anda berpetualang sedikit keluar dari wilayah Anda menuju galeri lain yang tidak begitu jauh lokasinya. Lokasi galeri seni di Jakarta Selatan tadi dekat dengan apartemen Foresque Residence.Bagi Anda yang tinggal di Foresque Residence dan tertarik dengan karya seni, bisa memanfaatkan akhir pekan dengan menikmati karya-karya seni di tempat tadi.Rekomendasi bagi Anda yang sedang mencari hunian keren di kawasan TB Simatupang, Jakarta Selatan, apartemen Foresque Residence sangat layak dipertimbangkan.Sebuah hunian nyaman dengan konsep ruang terbuka hijau, apartemen Foresque Residence sangat cocok bagi Anda dan keluarga.Tentu saja dengan harga terjangkau.Tersedia berbagai tipe apartemen sesuai kebutuhan, Foresque Residence dilengkapi banyak fasilitas pendukung untuk aktifitas keseharian Anda. Segera pesan unit apartemen di Foresque Residence dengan cara menghubungi marketing gallery Foresque Residence, Saco no. 18 Hc, Ragunan, South Jakarta – Indonesia. Call 021 7883 1222 atau kunjungi www.foresque.co.id dan nikmati berbagai kemudahan hidup moderendi Jakarta Selatan.Riri

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *